berlian

berlian
hiajber

Kamis, 19 April 2012

wilhelm von humboldt


wilhelm von humboldt
Kalau menyimak nama wilhelm von humboldt, jelas bukan nama orang INDONESIA, beliau adalah ilmuan bahasa AUSTRONESIA, yang paling hebat sendiri meneliti bahasa jawa kuno, yang bikin ribut tulisannya yang membahas Ilmiah  bahasa jawa  kuno atau bahasa KAWI, saking cintanya dengan dengan bahasa jawa kuno wilhelm von humboldt menulis sebuah buku yaitu "Ueber Die Kawi Sprache Auf Insel Jawa". Buku itu di karang oleh satu orang buku yang kawitan yang mempelajari bahasa jawa kuno secara ilmiah.


Buku tulisan tadi di cetak dan di edarkan di Akademi Ilmu Pengetahuan yang prusia tahun 1863, yaitu setahun setelah sarjana bahasa wilhelm von humboldt meninggal dunia, dan bukunya terdiri dari 3 jilid. wilhelm von humboldt lahir tanggal 22 juni 1767 di postdam, sekolahnya di sekolah Tinggi Ilmu Hukum di Berlin dan Gottingen, pertama lulus kemudian aktif di pemerintahan, sebab wilhelm von humboldt ahli tatanegara.

Perjalanan karirnya yaitu dari tahun 1802 sampai tahun 1819 aktif di pemerintahan negara, kemudian menjadi duta besar di ROMA, kemudian jadi menteri Agama di Berlin, kemudian menjadi utusan Kongres Berlin. Pendiri universitas Berlin tahun 1810 dan juga memiliki peran besar dalam berdirinya federasi Jerman, selain itu wilhelm von humboldt komentar tentang ahli fisiologi klasik utamanya di Vaguan Bahasa Yunani, beliau juga ahli filsafat yang mahir atau ahli di bagian balletri atau ahlli nulis kasustraan yang indah.

Waktu ada di Perancis dan Spanyol wilhelm von humboldt masih kober ngenauni nasa Baskis (Basque). karena rajinnya mengumpulkan naskah bahasa bahasa yang di anggap kebudayaannya tinggi, beliau juga senang dan tlaten sekali meneliti utamanya bahasa Sansekerta tulisannya mempunyai ilmu yang tinggi, jadi ahli ahli bangsa manca pada tertarik untuk ikut meneliti bahasa Austronesia.

wilhelm von humboldt yang sibuk mengemban tugas yang ada di pemerintahan, tetapi masih bingung mengadakan penelitian ilmu bahasa bahasa, dasarnya banyak teman dan pintar bisa menjadi sumber informasi yang di butuhkan di orang lain utama buat pribadi wilhelm von humbold.

Aslinya budidaya wilhelm von humboldt bisa mengarang buku sampai 15 jilid, termasuk menerangkan ke unggulan bahasa jawa kuno dan bahasa Kawi yang ceritanya di temukan masih dalam bahasa sansekerta, penemu lainnya yaitu ada sambung menyambungnya dalam bahasa Melayu , yaitu membuktikan bahwa bahasa Melayu dan bahasa Polenesia itu masih satu bahasa. Dan sampai sekarang istilah bahasa Melayu-Polenesia tetep di pakai di daerahnya, wilhelm von humboldt meninggal tahun 1835.

0 komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Ads 468x60px

Featured Posts Coolbthemes