berlian

berlian
hiajber

Kamis, 19 April 2012

Kebiasaan Orang Indramayu Ketika Terjadi Gerhana Bulan


Kebiasaan Orang Indramayu Ketika Terjadi Gerhana Bulan By IlhamDoremi
Setiap daerah punya kebiasaan atau adat sendiri-sendiri, seperti paribasan yang berbunyi "Desa Mawa Cara Kota Mawa Tata" kebiasaan tadi di namai tradisi atau adat daerah.

Kebiasaan orang Indramayu kalau ada gerhana bulan, pasti mukulin Lesung, kebiasaan tadi di sebut BENDRONGAN, kepercayaan yang seperti begitu di desa masih banyak yang melaksanakan, tujuannya kalau memukul leusng butanya di lepaskan, bulannya di makan sama buta jadi suasananya jadi gelap.


Kebiasaan orang Indramayu tadi di ceritakan begini, zaman dulu bumi  dan isinya diciptakan oleh para dewa, setelah sudah selesai para dewa di suruh oleh ratunya para dewa yaitu BATHARA GURU di suruh minum air tirta marta , khasiatnya yaitu siapa saja yang minum air tadi maka bisa hidup abadi selama lamanya. Tetapi ada BUTA yang tertarik untuk minum air tirta marta , tapi waktu si buta baru minum air tirta marta sedikit di karenakan ada cahaya Gerhana Bulan, kemudian di laporkan ke Dewa Wisnu, mendengar ada BUTA ikut meminum air tirta marta dengan cepat Dewa Wisnu mengambil senjata Cakra di panahkan ke BUTA tadi, panahnya pun menancap di leher si BUTA.

Jadi sebab itu gara gara ikutan minum air tirta martasampai sekaran kepala si BUTA setiap ketemu dengan cahaya GERHANA BULAN pasti di makan , memakan cahaya atau bulan tadi di namakan GERHANA


ini adalah MITOS orang orang Indramayu

semoga bermanfaat :)

0 komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Ads 468x60px

Featured Posts Coolbthemes