berlian

berlian
hiajber

Sabtu, 24 Maret 2012

Hikmah Ramadhan, Puasa Melatih Pengendalian Diri

Hikmah Ramadhan  
Hikmah Ramadhan, Puasa Melatih Pengendalian Diri.
Bagi segenap kaum muslimin, bulan Ramadhan ibarat tamu agung yang sangat diharapkan kedatangannya. Ada semacam keyakinan, ketika usia kita sampai pada hari-hari berpuasa, maka sama artinya dengan mendapat rahmat dari Allah SWT.
Oleh karena itu, sangat wajar jika pada saat tamu ini datang, ada sambutan yang meriah. Kemeriahan itu misalnya sangat kita rasakan, bukan hanya di masjid pada saat waktu Shalat Tarawih tiba. Tapi, juga kemeriahan di mal-mal yang menjadi pusat perbelanjaan.
Artinya apa? Di satu sisi ada gejala asketisme yang tercermin dalam keramaian tempat ibadah, tapi di sisi lain juga tampak ada peningkatan konsumerisme.

Acara-acara yang ditayangkan televisi, termasuk iklan-iklan yang diselipkan dalam setiap menu acara, semuanya seolah-olah ”memprovokasi” agar kita meningkatkan kualitas ibadah seraya tetap menjaga agar pemenuhan kebutuhan sehari-hari terus berjalan atau malah ditingkatkan.
Lantas, untuk apa berlapar-lapar puasa jika tak mampu menahan gejolak nafsu birahi di siang hari, nafsu berbelanja, serta mengonsumsi jajanan secara berlebihan.
Maka, di sinilah fungsinya peringatan yang pernah disampaikan Rasulullah SAW bahwa begitu banyak orang yang menjalankan puasa, namun tak mendapatkan apa-apa dari puasanya kecuali rasa lapar dan dahaga.
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa 1432 H, semoga kita dapat mengendalikan diri dari hal-hal yang bersifat konsumtif.


sumber :  http://muliardybanun-online.com/hikmah-ramadhan-puasa-melatih-pengendalian-diri/

1 komentar:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Ads 468x60px

Featured Posts Coolbthemes